Sebab Banyak Warga Indonesia Termakan Hoax



Sebagai anggota group Turn Back Hoax, saya tahu betul bahwa setiap hari ada saja konten hoax atau berita bohong yang di produksi oleh pihak tidak bertanggung jawab dengan bermacam tujuan. Namun yang paling umum adalah menyesatkan orang lain dengan merubah narasi dan informasi sebenarnya.

Alat Propaganda

Propaganda artinya memekarkan atau mengembangkan. Sedang alat propaganda biasanya sebuah pesan yang dibagikan untuk mempengaruhi orang atau sekelompok orang, agar sikap dan pemikiran yang dipengaruhi sesuai dengan konteks pesan. Propaganda tidak selalu bersifat buruk, namun kebanyakan isi propaganda adalah menyesatkan. Dimana setiap pesan yang dibuat berisi fakta fakta yang tidak utuh.

Media Propaganda

Sebelum abad moderen , propaganda biasanya dibuat melalui selebaran, spanduk, atau grafiti. Namun seiring berkembangnya jaman, media propaganda pun semakin berkembang. Misalnya Radio untuk media suara, koran dan majalah sebagai media tulis, dan televisi untuk media visual. Sedang yang paling baru adalah media sosial, dimana seseorang bisa membuat pesan propaganda melalui media tulis, suara, dan visual sekaligus dengan mudah dan tanpa biaya. Hingga akibatnya produksi hoaxpun semakin massive dan sistematis.

Sasaran Propaganda

Karena propaganda hanya berisi pesan dari fakta fakta yang tidak utuh, maka yang dihasilkan adalah pengaruh emosional, dari pada reaksi rasional pembaca atau pendengar pesan. Cara kerjanya yaitu mengubah pikiran kognitif sasaran, dengan narasi yang dibangun sesuai tujuan.
Dari situ maka bisa kita disimpulkan, kalau sasaran propaganda biasanya adalah orang orang dengan logika yang lemah, irasional dan baperan. 

Penutup

Di Indonesia, orang orang seperti ini sangatlah banyak, dan tidak mengenal status, profesi, ataupun intelektualitas. Budaya dan keyakinan agama adalah yang paling bertanggung jawab terhadap hal ini.
Itulah sebabnya, serangan hoax di negeri ini lebih berbahaya dari pada serangan virus corona, bahkan corona virus saja dibikin bertekuk lutut. Makanya tak aneh bila anda mendapati orang irasional dan cacat logika yang mengganggap covid itu tidak ada.


Artikel Terkait

Buka Komentar

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai tema posting di atas. Komentar jorok, spam, atau tidak relevan, akan kami hapus secara permanen.