Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jokowi Sosok Ideal Pemimpin Otokratis

 Apapun sistem yang digunakan oleh sebuah pemerintahan, tentu ada plus minusnya. Namun disini saya bukan dalam rangka menjelaskan tentang itu secara rinci. Tapi menjelaskan betapa idealnya Pak Jokwi jika menggunakan sistem pemerintahan otokratis di Indonesia saat ini.

Jokowi

Daftar isi:


  1. PENGERTIAN
  2. KELEBIHAN
  3. KEKURANGAN
  4. KESIMPULAN

PENGERTIAN

Otokratis adalah gaya kekuasaan penuh yang ada pada sosok si pemimpin. Yang artinya peran pemimpin sangat dominan dalam setiap pengambilan keputusan, kebijakan atau peraturan peraturan. Dominan disini artinya setiap bawahan harus sejalan, atau harus satu visi dengan si pemimpin. Ini bertolak belakang dengan gaya kepemimpinan demokratis. Dimana setiap orang bebas mengemukakan pendapat bahkan menjalankanya. Ini mirip dengan sistem kenegaraan di Indonesia.

KELEBIHAN

Karena otokratis adalah gaya kekuasaan penuh pada sosok pemimpin, maka kunci suksenya sebuah sistem otoriter terletak pada sosok pribadi si pemimpin itu sendiri. Jika pemimpinnya bisa bertanggung jawab, berkomitmen, dan mempunyai visi misi yang bagus, maka negara ini akan semakin maju. Itulah kenapa saya sebut Pak Jokowi adalah sosok yang ideal sebagai pemimpin yang otokrat. Segala masalah bisa di awasi secara penuh oleh presiden. Lihat saja situasi sekarang di negeri ini, dengan adanya sistem demokrasi, mengatasi masalah korupsi saja sulitnya minta ampun. Sebagai pelaksana undang undang, presiden tidak bisa berbuat apa apa di depan para anggota DPR sebagai pembuat dan pengesah undang undang. Karena masing masing mempunyai tugasnya sendiri dan tidak bisa saling mengintervensi.

KEKURANGAN

Jika kunci sukses sitem kekuasaan otokratis terletak pada sosok pemimpin, maka kunci sukses sistem kekuasaan demokratis ada pada sosok rakyat. Sistem demokrasi ini tidak buruk jika SDM atau kualitas masyarakat disebuah negara sudah cukup baik atau lebih baik, seperti di negara negara Eropa. Namun akan menjadi masalah jika kualitas SDM masyarakatnya rendah atau sangat rendah. Lihat saja rakyat dinegara kita, di lihat dari sisi pendidikan, kekritisan, kerasionalan, semuanya bisa dibilang rendah. Di iming imingi surga saja senangnya minta lagi, diberi janji politik irasionalpun langsung tergiur, di iming imingi duit 50ribu saja langsung disikat. Makanya maling pun bisa jadi pejabat, penipu pun bisa jadi kepala daerah, bajingan pun bisa jadi anggota DPR. Itulah sebabnya negara kita saat ini terlihat semrawut, tidak tertata, dan tidak pernah menyelesaikan masalah.
Itulah gambaran jika negeri ini dipimpin oleh kekuasaan otokratis, jika sosok pemimpinya tidak kompeten, tidak mempedulikan rakyat dan mementingkan kekayaan pribadi. Negeri ini pernah mengalami sistem ini di masa orde baru. dan sampai sekarang tidak berubah walau sudah berganti sistem kenegaraan.

KESIMPULAN

Sampai saat ini kita sering mendengar isyu tentang wacana presiden 3 periode atau pengunduran pilpres. Menurut saya itu bukan tanpa sebab, diluar huru hara yang sering timbul di negeri ini, Pak Jokowi sudah dengan kepiawaianya membangun pondasi untuk menuju Indonesia Maju. Masalahnya adalah siapa yang mampu, dan akan melanjutkan pondasi ini? Dari rasa takut inilah mungkin lahirnya isyu isyu politik Joowi 3 periode. Karena jika melihat standart kerja presiden saat ini, kita belum menemukan sosok ekstraordinary sebagai suksesor Pak Jokowi. Kalaupun ada, apakah partai politik mau mengusungnya.? Karena sudah bukan rahasia, partai politik kadang lebih mementingkan partainya dari pada mendengar suara rakyat.


Oleh : Tao

4 comments for "Jokowi Sosok Ideal Pemimpin Otokratis"

  1. Jokowi the best

    ReplyDelete
  2. Setuju, terlalu banyak pihak yang menentang beliau. Walau kebijakan pak Jokowi bagus buat rakyat.
    Seperti UU perampasan aset bagi koruptor yg mentok di DPR

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti pasti disebut komunis haha..

      Delete
    2. Sekarang jg banyak yg bilang bgitu 😁😁

      Delete

Silahkan berkomentar sesuai tema posting di atas. Komentar jorok, spam, atau tidak relevan, akan kami hapus secara permanen.