Inilah Penyebab Anda Menjadi Fanatik Agama

Selamat malam.. Kali ini saya akan mewakili bahasa preman. Sebab kadang kadang, bahasa preman bisa lebih diterima umum dari pada bahasa orang berpeci.

Ini masalah fanatisme, terutama orang yang fanatik terhdap Agama. Penyebab utama seseorang menjadi fanatik, sumber utamanya adalah kebodohan dan kemiskinan. Namun yang paling besar tanggung jawabnya terhadap fanatisme, adalah kebodohan. Jadi seseorang yang fanatik terhadap sebuah agama, itu tandanya dia kurang wawasan, kurang referensi.
Dan modal mereka hanya satu, yaitu : yakin.
Yakin tanpa alasan, juka yakin tanpa pembuktian.

Kalaupun memberi alasan, kalaupun memberi bukti, yang disodorkan akan selalu bersumber dari satu referensi yang diyakininya. Mereka tidak akan pernah mencari keluar, mereka tidak akan berani keluar, sebab itu sama saja dengan murtad, sesat, kafir..!

Sedangkan yang namanya yakin, adalah kompensasi dari emosional psikologis seseorang. Maka seorang fanatik, tidak akan pernah bisa lepas dari perasaannya, terutama perasaan benci dan suka dalam konteks kehidupan sosialnya. Benci terhadap yang tidak sekeyakinan walau kata kata dan tindakanya benar, dan suka terhadap sekeyakinan walau apapun yang dilakukan dan dikatakanya.

Sampai disini apa anda melihat peran intelektual dari seorang fanatik.?
Tidak ada bukan.?
Itulah sebabnya, mereka sebenarnya wajib dikasihani
Karena mereka itu hanyalah korban.
Korban dari keluguan mereka sendiri.

Artikel Terkait

Buka Komentar

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai tema posting di atas. Komentar jorok, spam, atau tidak relevan, akan kami hapus secara permanen.