8 Bantuan Pemerintah Untuk Warga Saat PPKM Darurat.


Taohids.web.id - Dari awal masuknya covid-19 ke Indonesia, pemerintah sudah banyak menggelontorkan dana bantuan sosial (bansos) untuk warga, akibat semua aktivitasnya tertahan karena penyebaran virus corona yang sangat cepat. Dari mulai adanya PSBB sampai sekarang PPKM Darurat

Dan pada masa PPKM Darurat sekarang, pemerintahpun terus memberikan bantuan sosial, walau resikonya alokasi anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) semakin tinggi. Entah dari mana sumber anggaran tersebut, yang jelas sekarang pemerintah telah memberikan 8 jenis BANSOS untuk warga. Dan jenis bantuan tersebut adalah;

Kartu sembako

Kartu sembako ini sudah ada sejak masa pemberlakuan PSBB. Dan dimasa perpanjangan PPKM Darurat, jenis bansos ini diperpanjang dari bulan Juli sampai bulan Agustus. Selama 2 bulan masa PPKM Darurat ini setiap warga terdampak bisa mendapatkan Rp 400.000, atau Rp 200.000 per bulan.

Program Keluarga Harapan

Bantuan ini bersifat khusus, yang artinya hanya orang tertentu yang bisa mendapatkanya. Yaitu :
  • Ibu hamil, mendapatkan dana sebesar Rp 750.000 per tiga bulan
  • Balita, mendapatkan dana sebesar Rp 750.000 per tiga bulan
  • Siswa SD mendapatkan bantuan sebesar Rp 125.000 per tiga bulan
  • Siswa SMP, mendapatkan bantuan sebesar Rp 75.000 per tiga bulan
  • Siswa SMA, mendapatkan Rp 500.000 per tiga bulan
  • Kalangan Disabilitas, mendapat bantuan sebesar Rp 600.000 per tiga bulan
  • Lansia, juga mendapatkan dana sebesar 600.000 per tiga bulan.

Diskon Tarif Listrik

Sama dengan bantuan Kartu Sembako, diskon tarif listrik ini sudah ada sejak masa PSBB, dan sekarang pemerintah memperpanjang bantuan ini sampai dengan bulan Desember 2021.

Bantuan Langsung Tunai (BLT)

Pemerintah kembali melanjutkan program BLT untuk 50 juta keluarga penerima, yang akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 300.000 per bulan, dalam waktu 6 bulan. Atau total keseleruhan bantuan sebesar Rp 1.800.000 per keluarga.

BLT Pemerintah Daerah

Bantuan ini adalah khusus untuk warga yang tidak terdaftar sebagai penerima bantuan BLT dan Kartu Sembako. Dikeluarkan oleh pemerintah daerah untuk 5,9 juta penerima bantuan. Besarnya adalah Rp 200.000 per bulan, dalam waktu 6 bulan. Atau total keseluruhan sebesar Rp 1.200.000 per keluarga.

Bantuan Beras 10kg


Pemerintah memastikan bahwa para pemegang Kartu Sembako dan Penerima BLT, akan mendapatkan masing masing 10kg beras yang berasal dari BULOG.
Bantuan tersebut akan dibagikan kepada 115,2 juta orang, atau 28juta kepala keluarga. Bantuan ini menghabiskan biaya Rp 3,58 Triliun.

Tambahan Kartu Prakerja

Program ini kabarnya akan disatukan dengan bantuan upah, maka penerima Kartu Prakerja ini akan bertambah menjadi 2,8 juta penerima. Dengan total dana yang dikucurkan sebesar Rp 30 Triliun.

Kuota Internet

Pemerintah juga akan memperpanjang bantuan subsidi kuota internet hingga akhir tahun, yang sebelumnya sudah berakhir pada bulan mei lalu. Bantuan ini khusus diberikan kepada siswa dan para pengajar seperti guru dan dosen.

Artikel Terkait

Buka Komentar

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai tema posting di atas. Komentar jorok, spam, atau tidak relevan, akan kami hapus secara permanen.